Beranda > Blackberry > Code Signing Software Blackberry

Code Signing Software Blackberry

9 tahun saya belajar kriptografi, saya sudah sering mendengar tanda tangan dijital. Implementasinya pada email sudah biasa. Saya juga sering dengar implementasi tanda tangan dijital pada software development. Gunanya? Untuk memastikan bahwa software tersebut memang kitalah yang menulisnya. Masalahnya adalah, saya belum benar-benar paham sebelum pagi tadi. Eh maksud saya pagi kemarin.

5 hari yang lalu saya mentog karena tidak bisa menghindari penggunaan protected API milik Blackberry. Artinya, saya harus memberika sign pada program saya. Dengan kata lain, saya harus juga membeli private key (untuk kebutuhan code signing) program yang saya buat. Awalnya saya hampir putus asa karena pembeliannya harus menggunakan kartu kredit. Tapi syukurlah, masalah ini sudah terpecahkan. Saya sudah dapat signing key-nya.

Beli satu set key, dapat 3. Ketiga file tersebut berekstensi .csi. Langsung bisa diinstall dengan klik 2 kali melalui Windows Explorer. Sayang sekali, versi untuk Linux belum ada. Mudah-mudahan segera ada, karena sebenarnya saya lebih nyaman programming di Linux.

Setelah diinstall, ketiga kunci ini langsung sudah terintegrasi dengan JDE yang sebelumnya sudah ada dalam komputer saya. Dengan begitu, proses code signingnya gampang sekali. Cukup klik beberapa tombol, woila 15 detik kemudian software saya sudah langsung ber-tanda tangan dijital.

Saya upload software tersebut (yang masih versi Alpha), untuk ditest sama si-boss. Kurang dari 1 jam kemudian, setelah saya beritahu boss bahwa software siap di-test, boss pun sudah menjawab email saya dengan seabreg temuan bugs šŸ˜›

Weleh-weleh, harus segera dibetulin nih.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar