Beranda > J2ME, Konsep > Google Language dan Google Maps API for J2ME

Google Language dan Google Maps API for J2ME

Google Maps API for J2ME

You can read this post in English also. Please read English version here.

Tiga hari sudah saya mengotak atik Google Language API dan Google Static Maps API, dengan Netbeans. Saya ingin bisa menggunakan fitur-fitur ini di dalam aplikasi mobile. Walhasil, malam ini keduanya telah selesai saya porting ke J2ME. Sekarang setidaknya saya punya 2 library Google API (yang sangat simple penggunaannya): Google Language API untuk J2ME dan Google Static Maps API untuk J2ME. Satu lagi library yang setengah jalan, yaitu library Google Calendar untuk J2ME yang saya kerjakan sambil iseng ketika jam istirahat di kantor.

Buat apa sih saya repot-repot membuat library-library ini? Ya, memang Google menyediakan layanan Google Translate dan Google Maps yang bisa diakses secara gratis melalui website. Tetapi kemudian ada tantangan untuk mengimplementasikannya dalam bentuk aplikasi mobile. Dengan library semacam ini kita bisa membuat ide-ide aplikasi baru seperti:

  1. Translated RSS feed: software untuk membaca RSS feed yang sudah ditranslate dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia
  2. Translated Chat/SMS: software untuk chating/SMS dengan rekan Anda yang berbahasa lain
  3. Plan your visit to Indonesia: software yang dapat memberikan informasi lokasi tempat-tempat eksotis, hotel, dan travel guide kepada calon turis mancanegara yang ingin berkunjung ke Indonesia; dalam berbagai bahasa di dunia
  4. Dll.

Saat ini library ini masih dalam masa polesan akhir (supaya easy to use) dan bandwidth friendly (tidak boros bandwidth), terutama untuk Google Maps.

Fitur yang sudah ada untuk Google Language API for J2ME:

  1. Bisa menerjemahkan paragram maupun satu kata dari bahasa inggris ke Indonesia, begitu juga sebaliknya
  2. Request ke Google ditangani dalam bentuk multithread untuk menghilangkan kesan blocking/hang pada aplikasi

Fitur yang sudah ada untuk Google Maps API for J2ME:

  1. Tersedia dalam bentuk object Canvas yang siap pakai
  2. Dapat menangani permintaan geser kiri, kanan, atas, bawah
  3. Request ke Google ditangani dalam bentuk multi thread sehingga tidak menimbulkan kesan blocking pada aplikasi

Fitur yang sudah ada untuk Google Calendar API for J2ME:

  1. Sudah bisa mendapatkan daftar task pada Google Calendar seorang pengguna
  2. Menangani account login sesuai protokol yang disediakan Google
  3. Ke depan akan dikembangkan method untuk menambahkan kegiatan baru ke dalam Google Calendar

Bagi yang tertarik untuk mendapatkan library ini, silakan hubungi saya. Mungkin software ini segera siap minggu depan.

  1. Imelda
    Agustus 31, 2009 pukul 7:52 am

    Mas bisa minta tolong untuk contoh pemakaian google maps api dan google translate di J2ME ?
    Saya butuh untuk skripsi saya ttg webservice yg saya buat dengan php nantinya client brupa j2me ?
    Minta bantuat kirim ke email saya di imelda_lin@hotmail.com

    Terima Kasih mas.

  2. ricky
    September 15, 2009 pukul 7:50 pm

    Mas bisa minta tolong untuk contoh pemakaian google maps api dan google translate di J2ME ?
    sama Translated Chat/SMS: software untuk chating/SMS dengan rekan Anda yang berbahasa lain
    dan Plan your visit to Indonesia: software yang dapat memberikan informasi lokasi tempat-tempat eksotis, hotel, dan travel guide kepada calon turis mancanegara yang ingin berkunjung ke Indonesia; dalam berbagai bahasa di dunia apakah uda ada contohnya untuk 2 itu?
    saya sedang bingung buat judul TA mas,mau mengembangkan J2me pokoknya….terima kasih mas.di tunggu emailnya.

  3. September 23, 2009 pukul 6:23 pm

    Mas Amri,
    Saya boleh minta contoh pemakaian Google Maps API untuk J2ME/blackberry? Saya sedang belajar membuat aplikasi Blackberry yang menggunakan Maps google. Email saya: csharper [at] gmail [dot] com
    Terima kasih.

  4. Oktober 20, 2009 pukul 12:14 am

    Mas Amri…mohon pencerahannya…
    Saya ingin belajar membuat aplikasi social networking berbasis lokasi yang gambaran kasarnya yaitu aplikasi webservice(Java/PHP) dan client menggunakan J2ME.boleh minta contoh pemakaian google Maps API untuk J2ME.

    dhoniblowerz@gmail.com

    terima kasih…

  5. Bayu
    November 2, 2009 pukul 7:32 pm

    Mas Amri bisa minta tolong untuk contoh penggunaan Google MAP API Static diakses menggunakan J2ME. Jadi gambarannya dari ponsel dapat menampilkan google map static.
    Terimakasih….saya tunggu tutorialnya

  6. Mavs
    November 4, 2009 pukul 1:10 am

    Hello Mas Amri Shodiq boleh share Google Maps API untuk blackberry makasih ya,,dan juga kalo bisa kirimkan ke maverickfastern@yahoo.com

  7. kiky
    November 4, 2009 pukul 1:14 am

    mas…mau nanya dunks…
    kalo translate tools nya dimasukin ke bb bisa yah?caranya gmana yah?
    maaf niyh, rada2 gaptek…n_n

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

