Beranda > Blackberry, J2ME, Konsep > MVC Framework untuk Blackberry (dan J2ME)

MVC Framework untuk Blackberry (dan J2ME)

Saat implementasi software mobile, kita sering menemukan implementasi-implementasi terbaik atau biasa kita sebut best practice. Kadang menjadi masalah, ketika kita membuat project baru lagi, lagi-lagi kita mengulang proses yang sama, yaitu menulis program tanpa ingat best practice-best practice yang pernah kita temukan. Jadi kita menulis program dari awal, kemudian lambat laun kita kembali mengubah implementasi kita menjadi sama atau mirip dengan cara terbaik yang sudah kita temukan. Lalu mengapa kita tidak mengumpulkannya menjadi sebuah framework untuk mempercepat proses development? Dengan demikian, kita bisa memakai kembali komponen-komponen reusable yang telah kita buat.

Saat ini saya belum menemukan orang lain yang sudah membuat framework yang bisa diikuti untuk membangun software Blackberry, atau aplikasi mobile pada umumnya. Padahal, saya melihat adanya beberapa keuntungan dengan adanya framework semacam ini:

  • Mempercepat development time, dengan demikian juga menghindari delay waktu delivery program.
  • Bisa jadi bisa membuat program berukuran lebih kecil, karena setiap class akan dikelompokkan ke dalam package Model, View dan Controller, dan kalau boleh saya tambah 2 lagi yaitu Parameters dan Utils. Dengan demikian package-package yang diimport pun akan dilokalisir, misalnya import terhadap class MainScreen, TextField dan BitmapField hanya muncul di dalam package View.
  • Menurunkan tingkat stress programmer, karena dengan adanya framework semacam ini programmer sudah ditunjukkan dengan cara mengatasi berbagai masalah teknis pemrograman.

Tetapi seperti pengalaman-pengalaman sebelumnya dengan framework J2EE, penggunaan framework sering menimbulkan masalah baru:

  • Cara penggunaan framework sering tidak dijelaskan dengan simple. Maksudnya saya sering harus mempelajari teori-teori yang bertele-tele terlebih dahulu sebelum mempelajari penggunaan praktis sebuah framework.
  • Dokumentasi yang simple tentang penggunaan dan dokumentasi pendekatan case-solution.

Saya masih ingin menambahkan beberapa catatan mengenai hal ini, tetapi sayangnya saat ini menjelang waktu berangkat kerja. Sembari mencari ide-ide lainnya untuk diterapkan pada konsep Model-View-Controller kita, saya tampilkan dulu gambaran ide saya:

amri blackberry or j2me mvc

amri blackberry or j2me mvc

Silakan komentar ya teman-teman.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: