Beranda > Android, Netbeans > Install plugins Netbeans untuk Android

Install plugins Netbeans untuk Android

android developer challengeBeberapa hari yang lalu saya menghentikan sementara upaya mengoprek pemrograman Java untuk Blackberry. Pasalnya saya mentok, belum ketemu cara menambahkan ikon pada list item. Sebelumnya, ketika mencari cara untuk meng-customize LabelField dan ListField, misalnya mengganti warna background ListField atau font-nya, semuanya berjalan lancar-lancar saja. Sekarang, saya coba mengoprek Android kembali (setelah 1 tahun nggak nyentuh-nyentuh lagi Android). Pertama, saya harus mempersiapkan agar perlengkapan saya terrasa nyaman. Tidak susah-susah seperti JDE. By the way, saya sekarang pengen install plugins Netbeans untuk Android. By default, Google sudah menyediakan platform Android yang bisa didownload di http://developer.android.com/sdk/1.5_r3/index.html. Google menyarankan agar kita menggunakan Eclipse dengan plugins ADT. Tentang ini, saya sudah menulis cara instalasi Eclipse dengan plugins ADT tersebut, in English sih. Berhubung saya sudah sangat nyaman menggunakan Netbeans, ada baiknya saya coba menggunakan Netbeans untuk coding Android, meskipun tidak di-recommend oleh Google. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Klik menu Tools | Plugins dalam Netbeans.
  2. Klik tombol Add, kemudian pada window Update Center Customizer, masukkan URL: http://kenai.com/downloads/nbandroid/updates.xml, dan Name: Android Menambah repository Netbeans
  3. Klik tab Available Plugins, Search Android. Berikan tanda cek pada Android, kemudian klik tombol Install Cari, kemudian tambahkan Android
  4. Klik Next, kemudian ikuti langkah-langkahnya seperti halnya instalasi software pada umumnya. Yang utama tentu saja pada license agreement, Anda harus berikan cek pada I accept the terms … bla bla bla.

Nah, sekarang kita sudah bisa membuat New Android Project. Membuat project Android baru Masih ada 1 yang perlu diperhatikan. Awalnya saya agak kebingungan ketika membuat project pertama, Hello World. Ini sedikit berbeda dengan dulu. Setelah membuat project Hello World, dan menambahkan beberapa baris program sehingga menjadi MainActivity.java, saya ingin mengeksekusi program ini. Saya lakukan Run (seperti biasa me-run program dengan Netbeans). Eh, ternyata harus menentukan Device yang digunakan. Padahal di window Select Device masih kosong, baik di Select Running Device maupun Start AVD. Ternyata, saya perlu melakukan perintah seperti ini: $ android create avd –target 2 –name amri Saya run kembali. NAh, sekarang di window Select Device berisi seperti ini: Netbeans Android Select Device Saya pilih amri, kemudian klik OK. Hasilnya? Pada kali pertama mungkin gagal. Emulator tidak menampilkan program saya. Tetapi setelah diulang kedua kalinya, hasilnya lancar: Android emulator HelloWorld

Selamat mencoba.

  1. Fitri
    September 26, 2009 pukul 7:39 pm

    pak Amri, kalau instal emolator android di windows caranya gimana y?
    mkasih

  2. dendy
    Oktober 5, 2009 pukul 6:28 pm

    perintah $ android create avd –target 2 –name amri ditulis di bagian mana y pak Amri ?
    mohon bimbingannya…

    Terimakasih…

  3. oke
    Oktober 31, 2009 pukul 3:31 pm

    ketika membuat project baru,knapa di android platform:Missing Platform:NO PLATFORM

    gmn cara mengataasinya…???
    makasih

  4. Oktober 31, 2009 pukul 4:56 pm

    Sudah melakukan yang seperti ini?

    $ android create avd –target 2 –name amri

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

