Beranda > Blackberry > Membuat splash screen untuk aplikasi Blackberry

Membuat splash screen untuk aplikasi Blackberry

membuat splash screen pada blackberryPermasalahan: membuat splash screen pada Blackberry

Splash screen adalah bagian yang cukup penting bagi pembuat software (untuk pengguna, kadang splash screen tidak diharapkan).  Dalam splash screen, umumnya ditampilkan nama software, produsen, contact person dan umumnya ditambahkan gambar ikon software atau perusahaan. Gunanya? Sarana marketing menurut saya yang paling utama.

Bagaimana membuat splash screen untuk aplikasi Blackberry?

Konsep: splash screen sederhana untuk Blackberry app

Kali ini saya ingin berbagi dengan Anda sedikit tips untuk membuat splash screen untuk aplikasi Blackberry. Hasilnya nanti kita dapatkan sebuah page dengan gambar di tengah layar Blackberry, kemudian di bawah gambar tersebut saya tambahkan tombol bertuliskan Next untuk menuju ke bagian utama software.

Yang kita lakukan adalah:

  1. Membuat class yang extends UiApplication sebagai program utama kita
  2. Membuat sebuah class yang extends class FullScreen dan mengimplement FieldChangeListener
  3. Menambahkan BitmapField
  4. Menambahkan ButtonField
  5. Menangani event klik pada Button dengan method fieldChanged
  6. Menampilkan screen utama kita yang extends MainScreen

Membuat class yang extends UiApplication sebagai program utama kita

UiApplication adalah prototype untuk program yang bisa dieksekusi pada Blackberry Device. Ini sedikit berbeda dengan MIDlet (jika Anda biasa programming J2ME tentu terbiasa dengan MIDlet). Konsep UiApplication nampaknya meniru Swing. Di dalamnya ada method public static void main(String[] args) seperti halnya program Java yang lain. Berikut ini adalah potongan kode program yang telah saya tulis.

// program yang bisa dieksekusi pada Blackberry harus extends UiApplication
class Doctor extends UiApplication {
 public Doctor() {    
 pushScreen(new SplashScreen());
 }

 public static void main(String[] args) {
 Doctor d = new Doctor();
 d.enterEventDispatcher();
 }
}

Membuat sebuah class yang extends class FullScreen dan mengimplement FieldChangeListener

Class FullScreen adalah class untuk mendapatkan layar program penuh. FieldChangeListener adalah interface untuk menangani event perubahan pada field. Dalam contoh ini saya gunakan untuk menangani event klik pada ButtonField. Class inilah yang akan menjadi splash screen sederhana kita.

Contoh:

final class SplashScreen extends FullScreen implements FieldChangeListener {
 public SplashScreen() {
 ...

 ButtonField next = new ButtonField("Next");
 next.setChangeListener(this);
 ...

 add(next);        
 }

 public void fieldChanged(Field field, int context) {
 // panggil screen utama Anda dari sini
 ...

 }
}

Menambahkan BitmapField dan Button Field, dan menangani ButtonField click

Berikutnya, kita akan menambahkan gambar dan tombol dalam software Blackberry kita. Implementasinya kita menggunakan 3 class, yaitu Bitmap, BitmapField, dan ButtonField. Tent kita memerlukan gambar yang sudah kita siapkan. Saya sudah menyiapkan gambar, baby.jpg.

Kode program di atas kita perbaiki menjadi:

final class SplashScreen extends FullScreen implements FieldChangeListener {
 private ButtonField next;

 public SplashScreen() {
 // membuat object image
 Bitmap image = Bitmap.getBitmapResource("baby.jpg");

 // membuat BitmapField
 BitmapField bf = new BitmapField(image, BitmapField.FIELD_HCENTER|
 BitmapField.FIELD_VCENTER|ButtonField.CONSUME_CLICK);

 // membuat instance ButtonField
 next = new ButtonField("Next");

 // set agar class ini bisa menangani event klik
 next.setChangeListener(this);

 add(bf);
 add(next);        
 }

 // event klik ditangani di sini
 public void fieldChanged(Field field, int context) {
 // hanya jika event berasal dari ButtonField next
 if (field == next)
 UiApplication.getUiApplication().pushScreen(new HierarchialConfirmationScreen2());
 // HierarchialconfirmationScreen2 adalah screen utama pada program saya
 }
}

Hasilnya bisa dilihat di sini.

Begitulah. Selamat mencoba.

  1. Adri Yudo Pratomo
    Juli 29, 2009 pukul 3:12 am

    Mas, gmn membuat aplikasi blackberry yang full compatible dengan bold dan curve ?
    konon kabarnya mesti pake JDE 4.5 ? apakah betul ?

  2. Amri Shodiq
    Juli 29, 2009 pukul 6:45 pm

    Download aja simulatornya doang mas. Memang ada di kelompok JDE 4.6.1.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: