Beranda > Konsep > Blackberry Developer Challenge 2009

Blackberry Developer Challenge 2009

blackberry-developer-challengeBagi sebagian orang, tantangan selalu menarik. Termasuk yang satu ini. Hadiahnya tidak tanggung-tanggung. Tahun lalu, para pemenangnya berhak mendapatkan investasi sebesar $150.000, atau sekitar Rp. 1.800.000.000. Bagaimana? Cukup menantang bukan. Tapi, untuk mendapatkannya, Anda harus mengalahkan software developer handal di seluruh dunia.

Ingin tahu lebih detil? Silakan kunjungi situs ini. Ketika membuka situs ini, saya langsung berminat untuk ambil bagian. Tetapi, sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kita melihat 3 pemenang tahun lalu, Blackberry Developer Challenge 2008.

Pemenang tahun lalu

Poynt

Gambar SEQ Gambar_ \* ARABIC 1 Poynt

Poynt adalah layanan search engine untuk local service, seperti Yellow Pages dalam bentuk aplikasi multimedia yang cukup cantik. Anda bisa menganggap Poynt sebagai seorang guide yang bisa Anda pegang-pegang. Anda bisa memeriksa filem apa yang sedang diputar di bioskop, melihat sedikit trailernya dan bagi yang berminat untuk menonton, bisa memeriksa jam tayangnya.

Poynt memiliki fitur-fitur yang boleh dikatakan memang canggih:

· Poynt bisa mengakses lokasi BTS seluler Anda jika GPS tidak tersedia

· GPS untuk mendeteksi posisi persis penggunanya

· Tampilan yang cantik, inilah yang membuat pengguna senang berinteraksi dengannya

· Terintegrasi dengan address book Blackberry

· Sharing hasil pencarian dengan teman via email

· Khusus pecinta nonton filem bioskop, ada Movie Module di mana Anda bisa mencari tahu apa filem yang sedang diputar di bioskop terdekat, melihat trailer, melihat jadwal penayangan, membaca review, membaca synopsis, hingga membeli tiket

· Anda juga bisa melihat detil bioskop, dari layout kursi hingga jumlah studio.

Komentar saya, “Sayang sekali, ide saya jadi terrasa tidak orisinil setelah melihat aplikasi ini. Memang sih, fokus aplikasinya sedikit berbeda, hanya saja, aplikasi Poynt tampak jauh lebih lengkap. Meskipun begitu, kita masih tetap punya harapan, karena service Poynt ini nampaknya belum sampai ke Indonesia. Kita bisa membangun aplikasi serupa, tentu dengan bekerja sama dengan beberapa pihak. Tapi kita tidak bisa banyak berharap aplikasi tiruan kita ini, meskipun awalnya kita tidak menjiplak ide-nya si Poynt, bisa memenangkan Blackberry Developer Challenge. Secara konsep, idenya sudah tidak segar lagi.”.

Nobex Radio Companion

Nobex adalah software radio streaming untuk Blackberry. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mendengarkan lebih dari 1000 stasiun radio di seluruh dunia. Dengan sebuah klik, Anda bisa mendapatkan link untuk membeli MP3 lagu yang Anda suka. Jika Anda belum hafal lirik lagu yang Anda dengar, Anda bisa membacanya di software ini, seperti karaoke saja. Juga Anda bisa mengetahui informasi lagu berikut artisnya.

Strands Social Player

Strands Social Player adalah aplikasi untuk mencatat latihan, rute, nutrisi dan berbagai hal lain bagi atlit seperti pelari atau pengendara sepeda. Software ini dibuat untuk berbagi catatan tersebut dengan teman dan atlit yang lain. Anda bisa melihat bagaimana latihan mereka untuk event yang akan berlangsung.

Software ini bekerja dengan jaringan social Facebook, Twitter, Flickr, Nike, dll.

Nah, setelah melihat ketiga pemenang tahun lalu, apakah Anda menjadi ciut atau semakin bersemangat? Semangat dong.

Peserta tahun ini

Nah, sebelum mendaftarkan diri, ada baiknya kita juga melihat bakal lawan kita, yaitu peserta Blackberry Developer Challenge 2009. Perlombaan ini dibagi dalam beberapa tahap pendaftaran. Pembagiannya per bulan, dan sudah dimulai sejak Juni lalu. Bulan lalu, sudah ditentukan finalisnya (untuk bulan tersebut), yaitu:

Astraware Solitaire

Ini adalah gabungan 12 games (mungkin yang dianggap) paling menarik dan popular di seluruh dunia. Mungkin Anda biasa memainkannya di computer Anda. Kini Anda bisa memainkannya di Blackberry. Sekedar untuk mengisi waktu luang, tetapi cukup menyegarkan di kala suntuk.

Expence Manager

Anda selalu merasa pendapatan Anda kurang? Padahal gaji Anda sudah standar atau bahkan di atas rata-rata? Mungkin Anda agak ceroboh membelanjakan uang Anda. Saatnya menggunakan Expence Manager. Anda bisa memantau apa saja pengeluaran Anda. Mengeluarkan laporannya di akhir bulan. Bahkan meng-export laporan tersebut dalam bentuk file CSV sehingga bisa digunakan dengan aplikasi spreadsheet seperti Ms Excel.

Fierce Tower

Fierce Tower adalah game tower defence. Anda akan diminta menahan serangan-serangan yang dating bertubi-tubi dalam gelombang-gelombang serangan. Anda bisa juga mengupgrade tower Anda sehingga serangannya lebih mematikan. Anda bisa memainkannya berulang-ulang dengan mencoba berbagai strategi. Jika Anda keluar dari game ini, game otomatis menyimpan keadaan Anda saat tersebut.

Vision for Youtube

Ingin menonton klip-klip musik dari Youtube? Coba ini. Aplikasi nya tampil cantik dalam bentuk carousel. Dilengkapi dengan shortcut yang memudahkan Anda menjalankan aplikasi ini dengan beberapa tombol saja. Atau, Anda bisa juga menggunakan touchscreen.

Bagaimana berpartisipasi?

  1. Daftarkan software Anda ke Blackberry App World.Pastikan aplikasi tersebut masuk dalam kategori RIM Vendor.
  2. Setelah aplikasi Anda diterima oleh App World, Anda akan mendapat tawaran untuk mengikuti kontes ini dengan sebuah link ke registrasi online.
  3. Anda membutuhkan 1 App World ID# untuk setiap software yang Anda daftarkan ke Blackberry Developer Challenge.
  4. Jika software yang didaftarkan tidak gratis, maka harus disediakan link untuk instalasi Over-the-Air dan 10 key agar bisa digunakan oleh tim juri.

Tanggal-tanggal penting

  • Pengumuman Developer Challenge 2009: 4 Mei 2009
  • Registrasi dibuka: 1 Juni 2009
  • Periode pengiriman Juni: 1 – 25 Juni 2009 [lihat June Finalists]
  • Periode pengiriman Juli: 26 Juni – 25 Juli 2009
  • Periode pengiriman Agustus: 26 Juli – 25 Agustus 2009
  • Periode pengiriman September: 26 Agustus – 25 September 2009
  • Penutupan pengiriman: 25 September 2009
  • 4 finalis diumumkan tiap tanggal 1 tiap periode berikutnya
  • 16 finalis mempresentasikan produknya di BlackBerry Developer Conference: 9 November 2009
  • Pemilihan dan pengumuman pemenang pada BlackBerry Developers Conference in San Francisco, CA: 10 November 2009

Kriteria Penilaian

· Produk atau layanan menarik

· Nilai proposisi yang jelas

· Model bisnis yang menarik

· Teknis pelaksanaan

· Kualitas demo dan presentasi

Informasi lebih lanjut

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs resminya.

Ide

Masih pake mode ATM (Amati Tiru Modifikasi), saya pengen coba meniru software iPhone dulu untuk diimplementasikan di Blackberry.

1. Evernote

Evernote adalah software meng-capture ide kapanpun dan dimanapun.

Fitur:

  • Menulis atau mengedit catatan baru sambil jalan
  • Ambil foto dan simpan dalam account kita
  • Menyimpan catatan dalam bentuk voice pendek
  • Taruh catatan itu dalam peta
  • Pilih note untuk bisa dibaca offline
  • Grouping note agar mudah ditemukan
  • Sayangnya, sudah ada versi Blackberry, Windows maupun Web. Sial.

2. OmniFocus

OmniFocus sebenarnya adalah task manager dalam bentuk aplikasi ponsel. OmniFocus bisa tracking action berdasarkan project, tempat, orang, atau tanggal. Anda bisa menyimpan daftar belanjaan, agenda untuk dibicarakan di kantor, daftar pekerjaan rumah, atau daftar apapun. Aplikasi ini bisa mendeteksi jika kita sudah berada dekat dengan lokasi misalnya took grosir kemudian menunjukkan daftar belanjaan kita.

Kita bisa menambahkan task kapan saja, di mana saja, memasukkan teks, menambah gambar atau bahkan menambahkan rekaman suara. Kita bisa sinkronisasi dengan computer juga.

3. Qype Radar

Qype adalah aplikasi “What’s around me”. Keistimewaannya dibanding yang lain adalah datanya yang lengkap. Tempat-tempat di sort berdasarkan jarak dengan lokasi. Diawali dengan 8 kategori pada tampilan defaultnya, tetapi bisa menampilkan lebih banyak jika menekan ‘More categories’.

Setelah memilih salah satu tempat dari daftar, Anda dapat melihat alamat, telepon contact, dan tombol untuk membaca review pengguna lain dan melihat fotonya. Mengklik alamatnya akan memunculkan lokasi tempat pada Google Map.

Sayangnya, meskipun diklaim memiliki data terbesar, pencarian dengan Google Local Search masih lebih unggul. Hanya saja tanpa user review.

4. Getting Things Done

Software ini saya pernah baca di sautu tempat, tapi saya lupa. Intinya, software ini adalah implementasi dari konsep di buku Getting Things Done. Konsep yang sangat bagus untuk kesuksesan bisnis.

Fitur:

  • Software menampilkan 3 List: Projects, Next Actions, dan Waiting For
  • Mempunyai daftar Hard Landscape, yaitu siapa yang akan ‘mati’ jika kita tidak melakukanya
  • Input “stuff” (sesuatu yang mengganjal di pikiran kita), yang kita definisikan outcome-nya dan apa tindakan berikutnya yang perlu kita lakukan. Stuff adalah sesuatu yg bisa kita kerjakan sendiri dalam waktu cepat (missal kurang dari 2 menit). Sedangkan project adalah yang bisa kita kerjakan sendiri tapi waktunya lebih lama. Delegasi adalah pekerjaan yg tidak bisa kita selesaikan sendiri, jadi perlu orang lain.
  • Menampilkan daftar pekerjaan yang harus sudah dikerjakan dalam waktu dekat, misalnya laporan yang diminta selesai 3 hari lagi atau janji makan dengan client di Burger King pada hari Jum’at jam 12 siang. Sebisa mungkin dengan penanda tingkat urgensinya, misalnya warna hijau, kuning atau merah.
  • Menampilkan Next Action (apa yg akan kita lakukan) dan Waiting For (apa yg sedang kita tunggu, misalnya report dari staff ygn dijanjikan selesai hari Jum’at).
  • Mengirimkan via SMS/email ID lokasi janjian, sehingga bisa di-copy dan paste oleh penerima untuk dilihat dari software oleh penerima.
  • Membiasakan pengguna mereview Next Action setiap ada waktu luang.
  • Next Action yang lebih dari 30 perlu dikategorikan
  • Informasi yang tidak perlu action dikelompokkan dalam 3 kategori: sampah, inkubasi (Someday/Maybe) dan referensi (spesifik kategori atau general refference). Bisa juga ditambahkan subkategori untuk Someday/Maybe, misalnya: Buku yang ingin dibaca.

Kesimpulan

Kegiatan ini, Blackberry Developer Challenge 2009, adalah event yang menantang. Ide-ide baru saya muncul setelah membaca adanya informasi ini. Anda tertarik untuk bergabung? Siapa takut?

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: