Beranda > Konsep > Software booking dan bayar taksi

Software booking dan bayar taksi

Semalam saya pulang ke kantor sendiri. Awalnya saya berangkat bareng si X. Setelah satu jam di hotel Y, saya kehilangan jejak X. HP-nya tidak bisa dihubungi. Sial, saya harus menunggu taxi hampir setengah jam. Sialnya lagi, ketika harus membayar, saya tidak bawa uang cash. Sial sekali semalam. Kalau saja saya bisa booking taxi dan bayar pakai kartu kredit…

Cerita di atas, atau yang semacamnya mungkin saja terjadi di kala sial atau darurat. Misalnya ketika kita ingin berangkat ke Bandara, sementara kendaraan kita sedang ngadat. Kita butuh taxi. Umumnya, bagi yang tidak biasa naik taxi, kita tidak menyimpan nomor telepon taxi. Akibatnya, tentu saja kita harus kelimpungan menelepon tetangga dan berharap mereka menyimpan nomor taxi langganannya. Atau, paling sial, harus jalan ke pinggir jalan dan menunggu taxi yang lewat.

Muncullah ide untuk membangun software untuk mem-booking taxi, sekaligus membayarnya dengan account kita di bank (atau alat pembayaran elektronis lainnya, misalnya kartu kredit, layanan DompetKU dari Indosat atau T-Cash dari telkomsel). Ide ini terilhami oleh software Taxi Magic. Sayangnya, nampaknya layanan ini tidak tersedia di Indonesia.

Fitur Taxi Magic

Berikut ini adalah fitur-fitur Taxi Magic yang bisa kita tiru, amati kemudian modifikasi atau tambahkan fitur lain:

  1. Terhubung ke komputer/server pool taksi, sehingga kita bisa mem-booking taksi mereka tanpa meneleponnya
  2. Mengetahui lokasi taksi pesanan kita secara live
  3. Tidak harus membawa uang cash karena kita bisa melakukan pembayaran dari kartu kredit

Screenshot Taxi Magic

Taxi Magic

Taxi Magic

Update lokasi taksi

Update lokasi taksi

Membayar cash atau kredit

Membayar cash atau kredit

Informasi pembayaran

Informasi pembayaran

Kebutuhan

  • Software client
    Software ini adalah software yang dapat dijalankan dari ponsel pengguna. Saat ini, jika kita lihat secara kasar, kita bisa saja membuat software ini dalam bentuk web based, karena tidak ada pemrosesan apapun di sisi software client ini.
  • Software server
    Software server diinstall (atau menjadi bagian dari dashboard operator perusahaan Taxi). Dengan software ini, operator langsung bisa mengumumkan melalui radio bahwa ada pesanan taksi dari lokasi Y. Umumnya layanan ini sudah ada di berbagai perusahaan taksi. Tinggal ditambahkan dashboard untuk menerima pesanan taksi dari software booking taksi.
  • Sistem tracking taksi
    Sistem ini sudah harus tersedia di perusahaan Taksi. Dalam kata lain, perusahaan sudah mengimplementasikan sistem untuk tracking posisi taksi-taksinya.

Teknologi

Mari kita asumsikan bahwa kita akan meniru persis software Taxi Magic.

  1. Daftar perusahaan taksi atau pool terdekatnya dan tombol untuk menelponnya.
    Nampaknya tombol untuk melakukan panggilan ke nomor agen/pool taksi inilah yang membuat Taxi Magic diwujudkan dalam bentuk software ponsel. Aplikasi client harus memiliki fitur GPS untuk dikirim ke server, sehingga server bisa memberitahukan lokasi pool taksi mana saja yang terdekat. Berarti kita juga memerlukan koneksi internet untuk menghubungkan ponsel dengan pool taksi.
  2. Menampilkan lokasi kita, tombol untuk menelpon pool taksi, tombol untuk membatalkan pesanan, tombol untuk memberitahukan bahwa layanan sudah selesai (Ride Finished), live update posisi taksi dan nama pengemudinya.
    Teknologi yang menonjol pada layar ini tentunya adalah koneksi internet untuk mengetahui lokasi taksi yang kita pesan secara live.
  3. Pilihan pembayaran
    Untuk menampilkan pilihan pembayaran, nampaknya hanya menggunakan fitur aplikasi standar yaitu list dan gambar ikon saja.
  4. Pembayaran melalui secure channel
    Untuk mewujudkan secure channel diperlukan koneksi yang aman dan pemanfaatan kriptografi. Mengapa memerlukan secure channel? Tentu karena pengguna tidak ingin uangnya hilang di udara bukan?

Kesimpulan

Kita bisa meniru aplikasi ini untuk diterapkan di Indonesia. Teknologi yang digunakan secara umum nampak terjangkau. Berikutnya, kita akan coba me-riset teknologi-teknologi yang terkait.

Kategori:Konsep Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: