Beranda > Blackberry > Bagaimana caranya programming Blackberry?

Bagaimana caranya programming Blackberry?

blackberry-storm

Beberapa orang bertanya kepada saya, “Kalau mau bikin software yang begini dan begitu di Blackberry bisa nggak sih?”. Termasuk seorang mantan mahasiswa saya (saya pernah mengajar di sebuah perguruan tinggi selama 3 tahun). Jawabannya, “Bisa!”. Langkah berikutnya tinggal bagaimana mempelajari:

  1. Cara mewujudkan apa yang diinginkan dengan Blackberry,
  2. Kalau tidak bisa, maka langkah berikutnya adalah mencari solusi lain yang serupa dan hasilnya bisa dikatakan sama,
  3. Kalau masih tidak bisa, tinggal satu pilihannya, mengatakan bahwa ternyata hal semacam itu tidak bisa dilakukan dengan Blackberry (tetapi di awal kita harus tahu dulu mana saja batasan yang bisa dilakukan dengan Blackberry).

Tentu kita selalu ingin melakukan pilihan nomor 1. Oleh karenanya, untuk menghindari terjadinya pilihan nomor 3, kita harus paham batasan-batasan lingkungan pemrograman di Blackberry. Saya akan membahas batasan-batasan ini, terutama dari sudut pandang programmer Java.

Ada dua model aplikasi yang bisa kita buat untuk Blackberry:

  1. Custom Java Application
    Kita bisa membuat program untuk Blackberry dengan J2ME. Blackberry mendukung CLDC dan MIDP. Selain mengikuti kedua standar tersebut, Blackberry menyediakan API khusus Blackberry sehingga kita bisa membuat juga program dengan look-and-feel seperti software native Blackberry. Berbagai hal tentang user interface perlu kita waspadai, seperti lebar dan tinggi LCD. Sebagai balasannya, kita bisa melakukan banyak hal. Java gitu lo.
  2. Browser Based Application
    Ini dia pilihan yang lebih mudah, kita juga bisa membangun aplikasi web based khusus untuk ditampilkan oleh browser Blackberry. Kita bisa menggunakan WML (Wireless Markup Language) atau cHTML (compact HTML). Ketika membangun aplikasi semacam ini, kita tidak usah khawatir bagaimana nanti tampilannya, karena tentunya aplikasi akan berjalan layaknya website. Yang perlu kita waspadai adalah bahwa nantinya tidak ada proses offline. Semua dikerjakan oleh server.

Pemrograman J2ME pada Blackberry

Seperti halnya ponsel yang lain, kita bisa membangun software untuk Blackberry dengan J2ME. Software J2ME yang sudah kita bangun, misalnya dengan Netbeans, bisa kita install pada Blackberry. Tetapi bagaimana menampilkannya dalam device ini kadang tidak terduga. Software yang tampil cantik di ponsel lain belum tentu tampil cantik juga dalam Blackberry. Umumnya ini berkaitan dengan lebar, tinggi LCD dan warna theme Blackberry yang hitam. Saya pernah mengalami kenyataan pahit ini ketika menulis software radio streaming dengan J2ME. Software ini tampak cantik pada ponsel Nokia dan Sony Ericcson, tetapi begitu diinstall pada device Blackberry, software tersebut jadi tampak sepi. Meskipun demikian, fungsi-fungsinya secara umum berjalan dengan baik.

Anda dapat menginstall MIDlet yang telah Anda buat ke device Blackberry, seperti halnya ponsel lainnya. Setidaknya ini yang saya alami ketika menggunaan Blackberry Javelin.

Untuk menghasilkan software yang benar-benar kompatibel dengan Blackberry, sebaiknya kita menggunakan user interface API milik Blackberry, sedangkan untuk fungsi-fungsi lain (selain user interface) yang didukung oleh Blackberry umumnya bisa berjalan berdampingan dengan J2ME. Jika kita menggunakan RIM’s UI API, resiko yang kita harus terima adalah aplikasi kita jadi tidak kompatibel dengan ponsel lain. Ini pilihan. Solusinya, kita harus memisahkan modul user interface software kita (juga fungsi-fungsi khusus Blackberry, seperti Push Mail misalnnya) dari modul-modul lainnya.

RIM’s Java Development Environment

Blackberry Java Development Environment (JDE) adalah IDE yang menyediakan tools dan API untuk membangun aplikasi spesifik Blackberry dengan Java. Anda memerlukan J2SE untuk menjalankan software ini. JDE dilengkapi dengan simulator device Blackberry dan simulator Mobile Data Service (semacam proxy untuk Blackbbery). Dengan JDE, kita bisa mengkompail kode program Java kita, kemudian mem-pack-nya menjadi file COD (berekstensi .cod), berbeda dengan software Java Micro Edition lainnya yang ber-ekstensi JAR (.jar). File ini proprietary milik Blackberry.

Anda bisa mendapatkan Blackberry Java Development Kit di sini.

Blackberry Browser Development Environment

Pengembangan aplikasi browser jelas lebih mudah daripada dengan JDE. Ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapat dengan memilih opsi ini:

  1. Pengembangan software lebih mudah (dan cepat, meskipun relatif)
  2. Tidak perlu deployment di sisi client

Sebagai catatan, saat ini browser Blackberry memiliki fitur sebagai berikut:

  1. Markup language: HTML, X-HTML-MP dan WML 1.3
  2. Image: JPEG, GIF, PNG, WBMP
  3. Mampu menampilkan Frame, RSS dan ATOM
  4. Scripting: JavaScript 1.5 dengan kemampuan AJAX, ECMAScript dan WMLScript 1.2.1

Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang pengembangan aplikasi web untuk Blackberry di sini. Lebih baik lagi jika Anda learning by doing dengan mengerjakan contoh dan sampel program Blackberry.

Kesimpulan

  1. Apakah Anda akan membangun aplikasi Anda untuk pengguna Blackberry? Jika ya, maka Anda perlu memperhatikan apa saja yang mungkin bisa Anda lakukan dengan Blackberry.
  2. Jika Anda ingin membangun aplikasi dengan Blackberry JDE, sebaiknya Anda lihat dulu tujuan Anda. Apakah untuk mencapai tujuan tersebut masih bisa dikerjakan dengan Browser Development Environment. Mungkin dengan BDE, Anda bisa lebih cepat.
  3. Jika Anda ingin membangun aplikasi web based untuk Blackberry, Anda perlu perhatikan tujuan aplikasi Anda. Apakah akan terpenuhi dengan model web based dan Anda juga perlu mempelajari bagaimana menghasilkan aplikasi web based yang optimal untuk browser Blackberry.

Referensi

  1. Programming the Blackberry with J2ME
  2. Java Application Development
Kategori:Blackberry Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: